Wisata Terbaik Surabaya



Surabaya yang lebih dikenal dengan sebutan kota pahlawan ini sangatlah Indah. Surabaya adalah salah satu metropolitan city di Indonesia dan menjadi pusat kegiatan bisnis untuk wilayah Indonesia bagian timur.

Banyak sekali perusahaan besar yang mendirikan kantor di Surabaya yang mengakibatkan Surabaya menjadi kota dengan gedung-gedung pencakar langit yang tertata dengan apik.
Surabaya memiliki potensi wisata yang sangat beragam dan menarik. Mulai dari tempat wisata untuk anak-anak sampai untuk orang dewasa. Berikut adalah destinasi wisata yang patut dikunjungi apabila bertandang ke Surabaya :

1. Kebun binatang Surabaya (KBS)

Kebun binatang surabaya

Kebun binatang yang paling tersohor pada tahun 1980 sampai dengan tahun 2000an ini merupakan ikon kota Surabaya. Kebun Binatang Surabaya ini merupakan kebun binatang terlengkap di Asia tenggara. Didepan KBS terdapat patung ikon Surabaya yang berjuluk " Suro dan Boyo" (ikan Sura/Hiu dan Buaya). Wisata ini layak dikunjungi dengan keluarga.

2. Pantai Ria Kenjeran

Pantai Ria kenjeran

Pantai Ria kenjeran merupakan satu-satunya wisata pantai yang dimiliki oleh Surabaya. Wisata pantai ini berada di Surabaya bagian utara. Apabila berkunjung kepantai ini anda akan ditawarkan oleh para penyewa jasa perahu yang akan mengajak menuju sebuah Pulau di tengah-tengah laut yang berupa karang. Apabila berkunjung ke pantai ini pada hari minggu akan disuguhkan penampilan Orkes Dangdut yang mampu menghibur. Disepanjang jalan ada pendagang kaki lima yang menjual Lontong kupang lengkap dengan sate kerang dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Kenjeran Park (Kenpark)

Kenjeran Park Gerbang Depan

Kenjeran Park adalah sebuah tempat wisata di Surabaya yang jaraknya tak begitu jauh dengan Pantai Ria Kenjeran. Kenpark memiliki luas kurang lebih 100 hektar dan mencakup beberapa wahana. Arena balap, pojok kuliner, Dom of sky, klenteng sanggar agung dan banyak lagi wahana yang dapat dikunjungi. Tiket masuk yang terjangka dan wahana yang beragam menjadi daya tarik Kenpark.

4. Tugu Pahlawan

Tugu pahlawan via www.pusakaindonesia.org

Monumen perjuangan arek-arek Suroboyo ini merupakan tempat wisata favorit yang merupakan wisata segala usia. Didalam Tugu Pahlawan terdapat sebuah biorama peperangan Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Selain borama, disana juga terdapat peta Surabaya tempo dulu, senjata perang dan foto-foto gedung-gedung bersejarah pada masa lalu.

5. House of Sampoerna

 House of sampoerna via www.eastjava.com

House of Sampoerna merupakan pabrik pertama dalam produksi rokok bermerk dagang. Pabrik ini berlokasi dekat penjara kalisosok. Didalam House of Sampoerna akan disuguhkan alat-alat pembuatan rokok masa lalu dan macam-macam jenis tembakau. Didalamnya juga terdapat sebuah pabrik yang masih aktif dan dapat dilihat khalayak umum. Di halaman depan juga terdapat bus yang akan mengantarkan berkeliling Surabaya tapi dengan jam-jam tertentu.

6. Balai Kota Surabaya

Balai kota surabaya via rasanrasan.wordpress.com

Ikon kota Surabaya yang satu ini merupakan sebuah kantor walikota Surabaya yang didepannya terdapat sebuah taman yang indah. Di bagian depan terdapat sebuah air mancur yang sangat indah dan arena tempat bermain favorit bagi anak-anak.

7. Monumen Kapal Selam

Monumen kapal selam via www.liburmulu.com

Monumen yang bertujuan mengenalkan bagian dalam dari kapal selam ini berada disamping kali mas yang berada di jalan Pemuda Surabaya. Monumen kapal selam ini ramai dikunjungi pada akhir pekan oleh anak-anak usia pra sekolah sampai Remaja yang ingin mengetahui isi dari sebuah kapal selam.

8. Taman Bungkul

Taman bungkul via www.yukpiknik.com

Merupakan salah satu taman tersohor dari ratusan taman yang dimiliki oleh Surabaya. Taman bungkul merupakan taman yang tak pernah sepi oleh pengunjung, baik dari dalam kota Surabaya maupun luar kota Surabaya. Pada akhir pekan atau pada tepatnya hari minggu, terdapat car free day yang selalu penuh di desaki pengunjung.

9.Taman Hiburan Rakyat (THR)

Taman Remaja Surabaya via www.eastjava.com

Arena hiburan ini merupakan tempat hiburan tertua di Surabaya. Menyajikan berbagai permainan menarik yang sangat menghibur. Temapt hiburan ini menyediakan tempat untuk melakukan pentas seni untuk siswa-siwa pra sekolah sampai SMA sederajat.

10. Surabaya Carnival and Night Market


SCNM via www.atiqohasan.com

Tempat paling baru sebagai tujuan wisata. Terdapat di Surabaya Selatan yang memiliki area permainan beragam. Hanya buka pada malam hari sehingga permainan cahaya tempat ini sangat menarik perhatian. Terdapat panggung hiburan rakyat yang manyuguhkan kreasi seni modern dan budaya. (adi/p)